Dukacita Gus Dur di Mesir

Dukacita untuk Gus Dur Masih Mengalir di Mesir


Belasungkawa Gus Dur, Kairo (Foto: Pool)

Kairo - Ungkapan belasungkawa masih terus mengalir untuk Gus Dur. Para pejabat pemerintah Mesir dan dubes negara-negara sahabat di Kairo menyampaikan belasungkawa untuk Gus Dur dalam buku dukacita di Wisma Duta KBRI Kairo mulai kemarin dan akan berakhir besok, Kamis (7/12/2009).

"Bapak Abdurrahman Wahid — atau Gus Dur di kalangan akrab— akan diingat di Filipina sebagai teman baik. Dia telah membuka transisi demokrasi di Indonesia dengan lancar dan rakyat Indonesia akan selalu mengingat dia dengan kasih sayang," tulis Dubes Filipina untuk Mesir Oscar G. Valenzuela, yang juga mantan Dubes Filipina untuk Indonesia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dubes Australia untuk Mesir Stephanie Shwabsky. "I present condolences of the government and people of Australia. The president is well known in Australia for the critical role he play in promoting democracy and Indonesia”

"Saya hadir berbelasungkawa atas nama pemerintah dan rakyat Australia. Presiden (Wahid) sangat terkenal di Australia untuk peranan penting yang dia mainkan dalam mempromosikan demokrasi dan Indonesia," demikian Shwabsky, sebagaimana dituturkan Fungsi Penerangan dan Sosial-Budaya KBRI Cairo Ali Andika Wardhana kepada detikcom, Rabu (6/1/2010) malam.

Gus Dur memang sosok fenomenal yang dikenal luas oleh banyak orang, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di berbagai penjuru dunia. "Ia dikenal sebagai tokoh yang gigih memperjuangkan demokrasi, kebebasan berpendapat dan dialog serta keharmonisan antarumat beragama di dunia," ujar Ali.

Di Mesir wafatnya Gus Dur juga mendapat perhatian media massa setempat, antara lain harian Al Akhbar, Al Gomhouria dan Al Alhram. Media tersebut juga melaporkan bahwa Presiden Mesir Muhammad Hosni Mubarak telah mengirim surat belasungkawa kepada Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono atas wafatnya mantan Presiden RI Adburrhman Wahid.

Ungkapan belasungkawa juga datang dari Grand Sheik Al Azhar Muhammad Sayyed Tanthawy dalam surat melalui Dubes RI untuk Mesir A.M. Fachir.

(es/es)



Sumber: detik.com

Artikel Yang Berhubungan !!



 
BERITA ONLINE Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template